PKBN2K

  • Follow Us

PKBN2K

xmas1aPROGRAM PKBN2K PKBN2K ( Pendidikan  Karakter Berbasis Nilai-Nlai Kristiani ) PKBN2K adalah program karakter yang diterapkan di seluruh BPK PENABUR baik di jenjang TK, SD, SMP dan SMA, bahkan juga diterapkan oleh seluruh Guru dan Karyawan BPK PENABUR, yang merupakan bagian esensial dalam pelaksanaan dan pencapaian Visi dan Misi Yayasan BPK PENABUR dengan kerangka kerja secara stimulant & Kompehensif melalui Basis Kultur, Basis Kelas dan Basis Komunitas.

A. Basis Kultur Tujuannya menciptakan lingkungan sekolah dengan segala aktifitasnya menjadi momen pembelajaran karakter. Seluruh program yang dilaksanakan di lingkungan sekolah menjadi wahana pembiasaan dan penguatan karakter yang dibentuk.

B. Basis Kelas Kegiatan Belajar Mengajar  di kelas penerapannya  terintegrasi dengan  indicator PKBN2K .

C. Basis Komunitas Tujuannya  adalah mengoptimalkan program dan kegiatan Pendidikan karakter PKBN2K di sekolah melalui upaya bersinergi dengan orangtua siswa, gereja, yayasan/lembaga (seperti panti jompo dan panti asuhan) dan komunitas lainnya. Indikator yang dikembangkan di jenjang TK :

  1. Mau berterima kasih
  2. Mudah tersenyum
  3. Bertutur kata yang sopan
  4. Memberi salam
  5. Melakukan tugas sesuai perintah
  6. Patuh pada aturan
  7. Menerima hal yang baru
  8. Berbagi dengan mereka yang memerlukan

PENERAPAN PKBN2K di TKK PENABUR KOTA WISATA

1. Terintegrasi dengan Pendidikan Kristiani (PK) di kelas. Adapun kegiatan Pendidikan Krisiani di kelas terbagi menjadi :

Senin              : Bible Story & Bible Song

Selasa             : Bible Verse dan Program pengembangan karakter individu anak

Rabu               : Bible Activity Setiap kegiatan Pendidikan Kristiani merupakan pengembangan dari Indikator indicator  PKBN2K yang ada di jenjang TK. Setiap 1 bulan siswa/i mendengarkan kisah-kisah tokoh alkitab atau pun cerita yang berkaitan dengan indicator yang sedang diterapkan. Selama 1 bulan siswa/i juga selalu didengungkan tentang indicator tersebut dan diminta untuk melakukan atau bersikap sesuai dengan indicator PKBN2K yang sedang dijalankan (contoh : Bulan Juli : Mau member salam, Agustus : Mudah tersenyum, dll)

2. Kebaktian  Siswa

Pelaksanaan kebaktian siswa dilakukan 1 kali dalam 1 bulan. Tema yang diangkat adalah sesuai dengan indicator PKBN2K yang dikembangkan saat itu, sekaligus menjadi gebyar dari setiap indicator PKBN2K

3. Kantong Reward

Setiap siswa memiliki 1 kantong reward. Kantong reward tersebut akan diisi oleh siswa/i tersebut setiap kali mereka berhasil melakukan / bersikap  sesuai dengan indikator PKBN2K saat itu. Pada akhir bulan reward tersebut akan dihitung dan siswa yang paling banyak mendapat reward akan mendapatkan hadiah/reward.

4. Hiasan Kelas

Setiap kelas / ruang sekolah terdapat hiasan dari masing-masing indicator. Selain berfungsi sebagai hiasan kelas, tetapi juga berfungsi sebagai pengingat / penguat bagi setiap siswa, guru, karyawan dan orangtua yang melihatnya.

IMG_6257IMG_6256IMG_6259IMG_6254IMG_6253IMG_6251IMG_6265IMG_6250