News

  • Follow Us

Field Trip TK B ke Kubung Jamur Tiram Ninikus

Date: September 22, 2015 Author: ittathe Categories: News

Dalam rangka menunjang kegiatan pembelajaran Entrepreneurship TK B di term I ini yaitu tentang jamur, TKK Penabur Kota Wisata mengadakan field trip ke Kubung Jamur Tiram Ninikus yang berada di daerah Gadog, Ciawi. Dipilihnya Kubung Jamur Tiram Ninikus karena tempat tersebut dinilai dapat memberikan informasi yang sangat berguna bagi anak-anak TK B yang sedang belajar tentang jamur, dan juga di sana anak-anak dapat melihat secara langsung proses pembudidayaan jamur, dari pembibitan sampai di panen.

_DSC0289Adapun pelaksanaan field trip dilakukan secara bergiliran, yaitu :
• TK B1 – hari Kamis, tanggal 17 September 2015
• TK B3 – hari Jumat, tanggal 18 September 2015
• TK B2 – hari Senin, tanggal 21 September 2015
• TK B4 – hari Selasa, tanggal 22 September 2015

Dikubung _DSC0256jamur Ninikus Anak -anak melihat proses pembibitan jamur yang dibuat dari serbuk kayu dengan campuran bahan-bahan lainnya, yang kemudian dimasukkan ke dalam kantong plastik dan bibit jamur yang sudah dimasukkan ke dalam kantong plastik disebut baglog. Pada tahap ini banyak anak-anak yang bertanya kepada Bapak Denny, selaku pemilik dari Kubung Jamur Tiram Ninikus tentang hal yang mereka lihat.

IMG-20150918-WA0003

 

Kemudian anak-anak melihat proses baglog yang dipanaskan (steam) yang bertujuan membunuh kuman-kuman yang ada di serbuk kayu itu, yang kemudian didinginkan lagi di dalam sebuah ruangan khusus. dan ssetelah dingin baglog tersebut ditanami benih-benih jamur. Setelah itu, anak-anak dibawa meninjau rumah jamur (kubung) yang didalamnya terdapat rak-rak bambu berisi baglog-baglog yang sudah menghasilkan jamur-jamur tiram. Pada kesempatan ini beberapa anak diperbolehkan membantu petugas memanen jamur yang besar.

Di akhir perjalanan, anak-anak menikmati sajian khas Kubung Jamur Tiram Ninikus yaitu Jamur Crispy, yang disantap dengan saus tomat, sehingga rasanya semakin enak dan nikmat!

Gallery